Kementerian Koperasi dan UKM, mendukung penuh upaya penguatan peran koperasi dalam meningkatan daya saing sehingga mampu bersaing di pasar global. Salah satu upayanya, memfasilitasi promosi dan pemasaran pada Harkopnas Expo 2019 yang digelar pada 11-14 Juli 2019 di GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah.

"Melalui acara ini diharapkan masyarakat jadi lebih menyadari pentingnya kehadiran koperasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan," kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit saat membuka Harkopnas Expo 2019, pada Kamis (11/7/2019).

Acara pembukaan ini dihadiri istri Menteri Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, dan Bupati Banyumas Achmad Husein. 

KSU Nira Satria adalah salah satu koperasi bergerak di bidang produksi dan pemasaran produk gula kelapa kristal dan sudah menembus pasar Eropa dan Amerika. Selain itu, koperasi itu pada 2018 mendapat fasilitas HACCP dari Kemenkop UKM.

"Dengan kapasitas produksi hingga 60 ton per bulan, Koperasi Nira Satria memiliki pangsa pasar 90% ekspor dan 10% domestik," ungkap Victoria.

Selain itu, lanjut Victoria, ada Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Purworejo yang memiliki produk unggulan Crystal Coconut Sugar, Coconut Cooking Oil, dan Virgin Coconut Oil. Melalui pendampingan Kemenkop-UKM dan Kotra Korea, produk gula kristal organiknya diekspor ke Sri Lanka, Australia, dan ekspor produk VCO ke Jepang. Pada 2017, Kopwan Srikandi mendapatkan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI atas perannya menggerakan dan memberdayakan perekonomian masyarakat.